Pengalaman Pelayanan dan Mencetak di Explora Jogja (Percetakan Jogja)

Siapa sih yang sekarang ini tidak butuh jasa cetak mencetak?

Kalau dulu bikin event cukup dengan fotokopi hitam putih, kini mana mungkin? Bisa-bisa malah event-nya kurang laku karena kurang meyakinkan. 

Selain anak event, cetak mencetak juga jadi barang wajib anak sekolahan, kuliah, bahkan yang udah kerja. Mungkin cetak buku, poster, kartu nama, maupun stiker. 

Di tulisan kali ini, Explora-lah yang ingin saya bahas. Ini adalah salah satu percetakan yang ada di Yogyakarta dan memiliki persona warna kuning. 



Alasan saya memilih percetakan untuk menunaikan tugas ada beberapa: 1) kualitas, dengan kualitas yang baik tentu bakal memberikan kepuasan bagi kita (pelanggan) maupun orang yang menjadi penerima hasilnya (misal itu ditujukan buat orang lain; 2) harga, dengan semakin ramainya jasa percetakan, monopoli harga sudah jadi barang usang, saat ini sangat mudah untuk membandingkan harga satu tempat dengan tempat lainnya; dan yang 3) pelayanan, jelas pelayanan untuk peerkara jasa semacam percetakan menjadi faktor penting, siapa yang mau nyetak di situ kalau pelayanannya tidak ramah, ribet, bahkan nunggunya lama?

Nah, dengan perangkat penilaian di atas, saya coba akan menilai Explora:

1) Kualitas
Explora memiliki kualitas cetakan yang bagus. Setiap saya di sana, saya kadang mendengar orang dalam menyebut-nyebut setiap mesin pencetaknya akan dikalibrasi warna setiap hari suapaya warnanya akurat dan cetakannya mulus. Bahkan kalau misalnya masih belum yakin, kita sebagai pelanggan bisa meminta cetak satu dulu buat proof.

Selain itu, Explora juga menyediakan berbagai macam media cetak yang ingin kita pilih. Misalnya jenis kertasnya apa (ivory, art paper, matte, dsb) hingga treatment-nya mau seperti apa (potong, jilid lem/spiral/dll, timbul, dsb). Untuk kualitas saya kasih nilai 9/10.

2) Harga
Explora memiliki website yang responsif dan update. Jadi kalau misal kita mepet mau nyetak dan mau cek estimasi biaya, kita bisa langsung mengeceknya di website. 

Untuk harga sendiri saya kira Explora memiliki harga standar. Dan kebetulan percetakan ini sering mengadakan promo, baik bagi pelanggan baru maupun yang sudah jadi member. Sst... kalau kamu sudah bertransaksi di jumlah tertentu dalam kurun waktu tertentu, kamu bisa dapat status member (keuntungannya cukup banyak terutama terkait harga promo). Untuk harga saya kasih 8/10.

3) Pelayanan
Nah ini yang paling penting. Untuk situasi umum, biasanya proses di Explora dari kita datang sampai dipanggil untuk fiksasi layouting tidak memakan waktu cukup lama. 

Namun ada kalanya di jam-jam tertentu atau di musim tertentu (musim ujian atau musim event misalnya) antrian bisa cukup hingga sangat lama. Untungnya jumlah operator banyak dan layout kursi tunggunya enak. 

Selain itu, Explora juga buka sampai larut malam. Seingat saya, saya pernah nyetak sampai nyaris tengah malam dan jasanya masih buka. Dan tentu saja, pelayannya ramah, mbak-mbak berjilbab sangat banyak dan dengan senang hati membantu kalau butuh sesuatu atau informasi tambahan. Pelayanan saya kasih 8.5/10.

Ya, overall, Explora menjadi tempat nyetak yang menyenangkan. Kalau misal buru-buru, sering barang saya jadi lebih cepat dibanding estimasi. Namun ini balik lagi, apakah orderan di tempat ini sedang membludak atau tidak. 

Kalau kamu sedang nyari percetakan di Jogja, Explora Jalan Gejayan barat jalan sebelum belokan Selokan Mataram bisa dijadikan alternatif yang oke. Selamat mencetak!
Previous
Next Post »