Pengalaman Tukar Tambah dan Klaim Garansi Lifetime Flashdisk Transcend Indonesia Service Center Jogja


Pertengahan Maret 2016 saya sempat dibuat panik. Flashdrive (atau flashdisk untuk istilah yang lebih umum, meskipun salah) saya yang bermerk Transcend 16Gb warna putih tidak muncul di Windows Explorer. Apalagi flashdisk ini umurnya belum sampai tiga bulan dari waktu pertama kali saya beli. Berkali-kali coba saya cabut pasang ke CPU komputer hanya terdengar suara yang biasanya menandakan ada device yang terpasang. Sayangnya di Explorer dan Device Manager sama-sama tidak menunjukkan tanda-tanda keberadaannya. Ketika coba saya hubungkan dengan OTG ke tablet saya pun flashdisknya tetap tidak muncul.

Fix. Rusak.


Masa merk sekelas Transcend cepat rusak, sih?


Saya lalu coba mencari informasi di internet mengenai mekanisme klaim garansi Transcend. Namun, hasil yang keluar sempat membuat saya ragu. Banyak yang kecewa dengan mekanisme garansi dari Transcend. Ada yang menyebut prosesnya rumit, harus dikirim ke distributor pusat tidak bisa langsung diganti baru, stiker segel harus benar-benar mulus--kerusakan stiker sekecil apa pun akan membuat garansi void--, hingga keterangan resmi dari website distributor yang cukup membingungkan.

Tapi, Transcend kan merk terkenal, bahkan publik mengenalnya sebagai perusahaan yang lekat dengan citra garansi seumur hidup. Banyaknya sentimen negatif itu lumayan tidak masuk akal--kalau begitu harusnya Transcend sudah bangkrut dari lama.

Saya coba mencari tahu service center-nya apakah ada yang berlokasi di Jogja. Dari hasil penelusuran di internet ternyata ada. Lokasinya di daerah Taman Siswa (Tamsis). Tetapi, saya kok tidak ingat ya kalau di Tamsis ada gedung yang berlabel Transcend? Dari hasil penelusuran itu pun banyak website yang update-annnya sudah cukup lama. Bahkan ada yang di bawah 2010. Maka saya mencoba mencari lagi dan muncullah service center Transcend yang berlokasi di Ring Road Utara.

Yang ini terlihat lebih meyakinkan. Sebab di halaman Google tersemat pula keterangan singkat lengkap dengan kontak dan waktu operasionalnya. Ditambah, di Google Streetview ruko yang digunakan untuk basecamp service center Transcend tertangkap oleh kamera. Kalau dari arah timur, posisinya tepat sebelum Hartono Mall Jogja. Karena lokasinya yang cukup dekat, saya langsung berangkat ke sana.

Siang itu service center sangat sepi. Padahal sudah lewat jam makan siang. Bahkan setelah saya masuk lewat pintu depan, tidak ada orang yang berjaga. Hanya ada meja resepsionis yang di atasnya terpajang patung kucing emas yang tangannya bisa gerak-gerak dan di sampingnya ada wadah berisikan brosur SSD Transcend serta sebuah lonceng kecil. Saya membunyikan lonceng dua kali baru ada perempuan yang keluar. Saya utarakan maksud saya dan langsung disuruh menunggu sebentar untuk dicek dulu flashdisk-nya.

Setelah menunggu kira-kira sepuluh menit, ada seorang laki-laki yang keluar--teknisi--dia mengatakan setelah dicek ternyata memang flashdisk-nya tidak terdeteksi. Saya mengangguk  mengiyakan--ya emang rusak. Dia kemudian menambahkan bahwa karena ini lifetime warranty maka langsung DIGANTI BARU saat itu juga. Wah!

Ternyata apa yang saya baca di internet tidak benar. Saya juga menanyakan kalau flashdisk-nya yang baru ini rusak lagi apakah garansi juga? Jawabannya adalah: Ya, karena sama-sama garansi seumur hidup. Saya langsung menerima flashdisk baru setelah menandatangani nota penggantian flashdisk rusak. Tidak ada biaya tambahan apa pun--bahkan di service center Jogja tidak ada penjaga parkir sehingga parkir gratis.

Kesimpulannya adalah:

1. Klaim garansi Transcend tidak sehoror pengakuan beberapa orang yang saya temukan di Google.

2. Service center Transcend Jogja baik dan cukup tanggap, bisa dimaklumi aktivitasnya sepi karena memang (waktu itu) hanya saya yang ke situ--tidak ada barengan sehingga tidak antri juga.

3. Untuk mengantisipasi, sebaiknya segel dari Transcend itu (apa pun unitnya) langsung diamankan setelah membelinya. Dengan cara melapisi dengan isolasi bening. Takutnya, di service center daerah lain hal ini dipermasalahkan. Flashdisk saya yang rusak sudah saya selotip sejak awal beli dulu, dan waktu mau saya klaim sebenarnya cukup was-was karena sejak beli segelnya terlipat ke dalam. Tapi ternyata service center di Jogja baik.

4. Transcend LANGSUNG MENGGANTI dengan unit baru apabila stoknya tersedia. Kebetulan flashdisk saya masih yang tipe baru, sehingga di service center tersedia gantinya.

Jadi, itulah pengalaman saya melakukan klaim garansi flashdisk Transcend di service center Jogja. Saya puas dengan pelayanannya. Jangan langsung percaya dengan testimoni negatif yang ada--seperti yang saya alami--, coba buktikan sendiri. 
First

1 comments:

Write comments
Ira
AUTHOR
August 1, 2021 at 1:10 AM delete

kalo hardisk gimana ya?

Reply
avatar